Ruang berbagi untuk saling menginspirasi

Kelas Favorit Butuh Anak yang Kurang Favorit

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on tumblr
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on telegram

Salam semangat untuk kita semua calon pahlawan tanpa tanda jasa. Kelas favorit kini menjadi sisi lain dari pendidikan di sekolah. Berdasarkan yang saya amati, keberadaan kelas favorit bertujuan untuk menghargai anak-anak dengan kualitas kognitif di atas rata-rata, atau di atas KKM.

Dengan keberadaan kelas Favorit, anak-anak di kelas tersebut bisa dengan cepat melahap materi-materi yang diberikan oleh guru, tanpa harus mengulang untuk menyesuaikan anak lain yang daya tangkapnya kurang (kurang favorit).

Tetapi, ada yang kurang dari kelas favorit, khususnya di tempat saya mengajar. Suasana yang terlalu kondusif menjadi alasannya dan juga tantangan mengajar yang kurang. Menurut hemat saya, kelas favorit butuh ‘anak yang tidak favorit’, satu atau dua yang bisa menghidupkan suasana.

Bagi saya, kegaduhan dan kejahilan yang mereka ciptakan adalah sebuah umpan bagi kita untuk bisa menciptakan kegaduhan yang positif (suasana yang menyenangkan untuk membuat siswa santai).

Selain itu, keberadaan satu atau dua anak ‘yang kurang favorit’ sekaligus bisa kita jadikan sebagai penelitian bahwa kelas favorit benar-benar bisa membawa ‘anak-anal yang tidak favorit’ menjadi favorit.

Penulis : Muhammad Iqbal Fauzi | Guru Sekolah Hidayaturrohman

Baca :  Hakekat Sekolah Ramah Anak

0 Comments

Tinggalkan Balasan