Ruang berbagi untuk saling menginspirasi

Anak TKI Raih Beasiswa

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on tumblr
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on telegram

MalaysiaCommunity Learning Center (CLC) Lavang merupakan Sekolah Anak-anak PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang terletak di Ladang Perkebunan Sawit milik perusahaan Simedarby yang ada di Wilayah Bintulu-Sarawak.

Sekolah CLC Lavang ini memiliki dua jenjang pendidikan yaitu Sekolah Dasar (SD) dengan jumlah siswa sebanyak 79 Anak dan juga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan jumlah siswa yaitu 15 Anak.

Tiga Siswa Peraih beasiswa ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah) bernama Saslihayatun Rizky (17) yang berasal dari Lombok Nusa Tenggara Barat mendapatkan Beasiswa di SMA Firdaus Bali dengan mengambil jurusan IPS, kemudian Rani (14) Anak asal Kabupaten Sambas Kalimantan Barat mendapatkan beasiswa di SMA Plus Permata Insani School Tangerang mengambil jurusan MIA dan yang terakhir Nurlina (15) asal Ambon mendapatkan beasiswa di SMK Cordova Margoyoso Pati Jawa tengah dengan mengambil jurusan Multimedia.

Guru Bina CLC Lavang Special yaitu M.Ilhamsyah, S.Pd (31) asal Kalimantan Barat menjelaskan bahwa kegiatan belajar mengajar (KBM) ditingkat SD dan SMP di CLC Lavang Special ini menggunakan kurikulum yang sama dengan kurikulum di Indonesia,” ujar M.Ilhamsyah.

Proses seleksi beasiswa ADEM ini melalui beberapa tahap yaitu tahap pertama penyeleksian di Internal CLC berupa penilaian atas prestasi dan nilai, kemudian sikap dan keseharian siswa di sekolah serta menguji keterampilan yang dimiliki oleh Siswa tersebut. Lalu diajukan ke panitia Sarawak Bridge untuk di seleksi lebih lanjut melalui proses test terulis, Wawancara, dan terakhir pemusatan pelatihan untuk siswa terpilih.

“Insya Allah anak-anak para TKI ini siap untuk belajar disana bersama anak Indonesia lainnya dengan kemampuan yang sejajar atau bahkan bisa lebih dengan siswa lainnya.” Pungkas M.Ilhamsyah”

Sedangkan orang tua dari Saslihatun Rizky peraih Beasiswa ADEM ini Abdul Kadir mengungkapkan saya dan keluarga sangat bersyukur karena anak saya bisa meraih beasiswa untuk melanjutkan sekolah SMA di Indonesia, karena bisa mengurangi pengeluaran biaya dan juga mudah-mudahan anak saya dan juga yang lainnya bisa belajar mandiri di Indonesia” Ucap Abdul Kadir

Baca :  Tingkatkan Minat Baca Anak dengan Konsep "TBM-Edutainment"

Informasi serah terima keberangkatan para peraih beasiswa ADEM ini sudah lakukan oleh Konjen KJRI Kuching Yonny Tri Prayitno yang bertempat di KJRI Kuching (18/07/2019).

0 Comments